Senin, 01 Juni 2009

PULAU BAWEANKU TERCINTA

DESTINASI WISATA DI PULAU BAWEAN
SUMBER AIR PANAS


1. AIR PANAS

Obyek wisata Air Panas terletak di desa Sawah Mulya Kecamatan Sangkapura. Akses ke lokasi sumber air panas cukup mudah, karena lokasinya sangat dekat dengan Alun-Alun Sangkapura. Dilokasi ini terdapat beberapa sumber air panas, pengunjung bisa langsung menikmati sumber air panas alami hanya sekedar mencuci muka atau mandi. Sumber Air Panas ini ramai dikunjungi masyarakat lokal pada pagi dan sore hari. Pelancong dari luar Bawean juga sangat ramai mengunjungi dan menikmati sumber air panas alami.

2. PANTAI MAYANGKARA

Pantai Mayangkara merupakan obyek wisata pantai yang dinikmati pelancong. Saat ini pantai Mayangkara mempunyai posisi yang setrategis, selain dekat dengan wisata religius Waliyah Zainab lokasi pantai Mayangkara juga sangat dekat dengan Lapangan Pesawat (Desa Tajungori). Hamparan pasir putih yang menghiasi bibir pantai dan ombak yang tidak terlalu besar (pantai utara) menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

3. PANTAI PASIR PUTIH

Obyek wisata Pantai Pasir Putih tergolong ramai dikunjungi pengunjung. Selain pasir pantai yang begitu putih dan bersih, di pantai ini merupakan satu-satunya lokasi pengembangan tanaman mangrove di Bawean untuk melindungi pantai dari abrasi. Jadi pantai ini terlihat sejuk oleh tanaman mangrove.

4. RUMAH MAKAN TERAPUNG

Rumah Makan Terapung terletak di bibir pantai desa Diponggo (dekat gang masuk Makam Waliyah Zainab). Daya tarik rumah makan ini tentunya letak bangunan yang terapung di atas air laut. Menu yang disajikan juga cukup beragam yang menarik minat penggunjung untuk makan, tentunya ada menu-menu khas Bawean.

5. AIR TERJUN LACCAR

Obyek wisata Air Terjun Laccar terletak di desa Daun Kecamatan Sangkapura. Akses ke lokasi air terjun cukup mudah karena fasilitas jalan dari desa Daun ke dusun Laccar sudah beraspal. Jarak air terjun dari desa Daun luar sekitar satu kilo meter. Air Terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Bawean. Sumber air dari air terjun juga disalurkan ke rumah-rumah di sekitar lokasi. Obyek wisata ini sangat ramai dikunjungi pada libur sekolah dan lebaran.

6. DANAU KASTOBA

Danau Kastoba merupakan satu-satunya obyek wisata danau di pulau Bawean. Posisinya yang tepat ditengah-tengah pulau Bawean menjadi keunikan tersendiri bagi danau ini. Lokasi Danau Kastoba berada di desa Paromaan, dimana akses ke danau Kastoba sudah cukup bagus. Pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Pada jarak kurang lebih 500 meter pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai ke area danau Kastoba. Air danau yang jernih dan pepohonan yang rimbun menjadi daya tarik pengunjung untuk selalu dating ke Danau Kastoba, selain setuja misteri menarik yang dimiliki oleh danau Kastoba.

  1. 7. PULAU NOKO

Obyek wisata pulau Noko tepat berada disebelah timur Pulau Selayar. Untuk bisa sampai ke lokasi tersebut para wisatawan harus menggunakan perahu nelayan setempat. Pulau Noko berupa hamparan pasir putih yang bersih, tidak ada tanaman apapun di Pulau Noko. Pengunjung bisa mandi dan berenang menikmati putihnya pasir, air yang bening dan melihat terumbu karang.

  1. 8. PULAU GILI

Obyek wisata Pulau Gili merupakan tujuan wisata yang paling diminati oleh pelancong. Pulau ini punya keunikan tersendiri, dengan posisi yang terisolir tapi masyarakat Pulau Gili tetap bisa bertahan hidup dan mempunyai ke-khasan sendiri. Di Pulau Gili ini dihuni tidak lebih dari 30 kk (kepala keluarga), yang hampir mayoritas mata pencarian mereka sebagai nelayan. Untuk sampai di pulau Gili, para pelancong harus naik perahu dari daratan Sidogedungbatu (Bawean) sekitar satu jam perjalanan laut. Dalam perjalanan pun para pelancong bisa menikamati keindahan kehidupan bawah laut.

9. PULAU SELAYAR

Obyek wisata Selayar terletak di Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura. Akses ke lokasi pulau selayar sangat mudah, bisa dengan naik motor atau mobil. Keunikan pulau Selayar adalah posisi pulau (perbukitan) yang terletak di lepas pantai. Pada saat air laut surut, para pengunjung bisa menjangkau pulau Selayar dengan jalan kaki, mengelilingi pulau sambil menikmati keindahannya. Di pulau ini banyak kerang laut, pada sore hari banyak penduduk setempat yang datang untuk mencari kerang laut.

MAKAM WALIYAH ZAINAB

Obyek wisata religius Waliyah Zainab terletak di desa Diponggo. Makam Waliyah Zainab konon merupakan makam yang paling ramai dikunjungi oleh peduduk lokal dan luar Bawean

Gambar dan artikel :
Sumbangan Hj. Samri Barik
dengan kerjasama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar